Tugas 1 Softskill Ilmu Budaya Dasar
1. Jelaskan pengertian Ilmu Budaya Dasar !
Pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah budaya, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat-masyarakat sekitar kita dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu pengetahuan sosial.
2. Sebutkan Tujuan Ilmu Budaya Dasar !
Tujuan dari IBD :
- Memahami dan mempelajari masalah budaya yang ada dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah sosial dan ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
- Mempelajari keanekaragaman budaya di Indonesia.
- Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan
lainya dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan
masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
3. Sebutkan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar !
Ruang Lingkup Ilmu
Budaya Dasar
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan
4. Jelaskan Pengertian Manusia dan
Kebudayaan!
Manusia (Human)
• Manusia sebagai
makhluk raga dan jiwa
Atas dasar tinjauan
manusia sebagai makhluk monodualisme, maka pendidikan akan menyelaraskan
pemenuhan kebutuhan-kebutuhan baik yang menyangkut kebutuhan-kebutuhan
jasmaniah maupun kebutuhan rohaniah dipenuhinya secara selaras dan seimbang.
Selaras dan seimbang dalam arti kebutuhan-kebutuhan jasmaniah/hewaniah dipenuhi
dengan pertimbangan-pertimbangan benar dan salah, indah dan tidak indah, baik
dan buruk. Dengan demikian pemenuhan kebutuhan ini dilaksanakan atas dasar
pertimbangan-pertimbangan tersebut sehingga diharapkan orang dapat terpenuhi
kebutuhan jasmaniahnya tanpa meninggalkan pertimbangan-pertimbangan baik atau
buruknya dalam memperoleh sesuatu untuk kepentingan jasmaniah tersebut.
• Manusia sebagai
makhluk individu dan sosial
Sebagai makhluk
individu dan sosial manusia hendaknya saling menghargai dan menghormati, saling
memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini individu hendaknya diperlakukan oleh kelompok
sebagaimana dia memperlakukan kelompoknya.
Pendidikan akan
memberikan petunjuk/pengarahan agar di dalam hidup manusia perlu dipenuhi
kebutuhan individunya tanpa mengabaikan kebutuhan orang lain. Sebaliknya
kebutuhan kelompok dipenuhi tanpa menelantarkan dirinya sendiri. Di samping itu
di dalam hubungannya dengan orang lain (kelompok) individu adalah punya hak dan
tanggung jawab yang harus diakui oleh kelompoknya demikian juga kelompok yang
punya hak dan tanggung jawab yang harus diakui oleh individu. Jadi
kebutuhan-kebutuhan itu ataupun perlakuan-perlakuan itu terpenuhi secara
selaras dan seimbang baik individu maupun kelompoknya.
• Ditinjau dari
monodualisme pribadi berdiri sendiri dan makhluk ciptaan Tuhan
Pendidikan akan
menyadarkan kepada manusia bahwa apa-apa yang direncanakan ataupun yang
dicita-citakan tidak sepenuhnya berkat usaha manusia itu sendiri tetapi Tuhan
ikut menentukannya. Dengan demikian maka pendidikan akan mendorong manusia
dalam berusaha untuk mencapai sesuatu yang disertai dengan permohonan kepada
Tuhan. Jadi manusia harus taqwa pada Tuhan.
Dari pembahasan ini
dapat disimpulkan bahwa manusia merupakan suatu kesatuan dari tujuh unsur/
dimensi yang merupakan kesatuan yang saling terkait dan bekerja sama dalam
mencapai tujuan (hidup). Ketujuh unsur tersebut dapat dirunut sebagai berikut:
Manusia sebagai makhluk yang berdimensi raga dan berdimensi jiwa. Jiwa terdiri
dari tiga hal, yaitu cipta, rasa, dan karsa. Manusia sebagai makhluk yang
berdimensi individu dan berdimensi sosial. Manusia sebagai makhluk yang
berdimensi pribadi dan makhluk Tuhan. Ketujuh dimensi tersebut disebut sebagai
dimensi hakekat manusia.
Pengertian Kebudayaan – Budaya atau Kebudayaan adalah suatu cara hidup
yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan
dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit,
termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian,
bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak
terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya
diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan
orang-orang yang berbada budaya dan menyesuiakan perbedaan-perbedaannya,
membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Budaya adalah suatu
pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak
aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya
ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
Kebudayaan berasal
dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi
(budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal
manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari
kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai
mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai
“kultur” dalam bahasa Indonesia.
5. Sebutkan Unsur-unsur kebudayaan
dalam wujud kebudayaan!
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan
mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
- Melville
J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
- alat-alat
teknologi
- sistem
ekonomi
- keluarga
- kekuasaan
politik
- Bronislaw
Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
- sistem
norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat
untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
- organisasi
ekonomi
- alat-alat
dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga
adalah lembaga pendidikan utama)
- organisasi
kekuatan (politik)
http://aliefsyahru.blogspot.com/2012/03/tugas-1-ilmu-budaya-dasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar